Jumat, 23 November 2012

Membaca Bintang


            “Eh, itu ada majalah. Cepet cepet ambil, kita liat zodiak minggu ini dulu!”
            Kurang lebih begitulah antusiasme kita pada salah satu rubrik yang selalu ada di majalah remaja perempuan. Zodiak. Rubrik satu ini seakan menjadi salah satu halaman paling wajib untuk dibaca. Membaca ramalan cinta,kesehatan juga keuangan minggu ini, semua menjadi paket komplit penentram hati bagi remaja perempuan. Lalu, apakah benar zodiak hanya sekedar ramalan saja?
            Zodiak berasal dari bahasa Latin Zoidiakos yang lalu dalam bahasa Yunani menjadi Zodiacus yang berarti tanda hewan kecil. Zodiak juga bisa disebut sebagai rasi bintang yang tampak dari bumi yang dilintasi matahari setiap tahunnya. Kemunculan Zodiak ini merupakan salah satu kegemaran masyarakat zaman dahulu yang kerap  membuat garis imajiner antarbintang. Dari garis-garis imajiner yang membentuk rasi bintang itu akan terbentuk sebuah gambar tertentu. Seperti gambar singa yang lalu kita kenal sebagai zodiak Leo.
            Secara ilmiah kita mengenal ilmu Astronomi, dimana ilmu tersebut mempelajari kejadian benda-benda langit diluar atmosfer bumi mulai dari Matahari, Planet, Bintang dan Bulan. Pada awalnya pun, zodiak merupakan bentuk penemuan ilmu Astronomi, dimana kita mengelompokkan bintang menjadi satu rasi dan membentuk bidang ekliptika atau area yang dilintasi matahari dalam siklus tahunannya menjadi 12 area dengan besar 30 derajat. Dalam setahun, jika matahari bergerak dalam waktu yang sama, maka dalam 30 hari matahari akan melintasi satu bidang zodiak. Maka itulah, kita mengenal zodiak berdasar bulan kita lahir.
            Dalam mitologi, zodiak memiliki berbagai cerita menarik dibalik lambang dan deskripsi setiap zodiak. Zodiak-zodiak yang kita kenal saat ini dan ramai dibicarakan oleh banyak orang adalah zodiak yang berasal dari mitologi Yunani. Zodiak mulai dari Aries, Pieces, Sagittarius dan yang lain menceritakan tentang dewa-dewi Yunani. Tapi, zodiak sendiri tidak hanya mempunyai cerita bersumber dari mitologi Yunani. Mesir juga mempunyai zodiak sendiri, dengan lambang, elemen dan cerita yang berbeda menurut dewa-dewi kepercayaan Mesir. Begitu juga dengan Suku Maya. Suku yang terkenal melalui ramalan akan akhir dunia pada tahun 2012 ini ternyata juga memiliki zodiak tersendiri.
            Zodiak Mesir atau pun zodiak Suku Maya mungkin tidak banyak diketahui orang. Seperti yang banyak kita tahu, Yunani dengan segala hasil pengetahuannya memang diakui sebagai peradaban yang maju dan pintar, namun lain lagi dalam hal zodiak. Menurut Museum Louvre di Prancis, Mesir sudah lebih dulu mengenal dan memakai zodiak dalam kehidupannya (terselubung.com). Dari sistem tanggal sendiri, zodiak Mesir dengan Zodiak Yunani memiliki selisih tanggal walau tetap berjumlah 12. Zodiak Mesir akan diawali dengan Sphinx, penjaga harta karun yang dimulai dari tanggal 27 Desember-25 Januari. Berbeda dengan zodiak Mesir, kita mengenal Aries sebagai zodiak pertama dalam mitologi Yunani yang bertanggal mulai dari 21 Maret-19 April. Capricorn (22 Desember-20 Januari) sebagai zodiak yang juga dimulai akhir Desember ini, memiliki selisih tanggal dengan zodiak Sphinx.
            Berbeda lagi dengan Zodiak Suku Maya. Suku Maya yang ahli dalam bidang Astronomi, Matematika dan yang lainnya ini dikenal sebagai suku religius yang membuat sendiri gaya menyembah Tuhan. Suku Maya memiliki berbagai sistem kalender sendiri yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Kalender Tzolkin yang berhari 260 memang menjadi pedoman dalam Astrologi Suku Maya, sedangkan kalender Haab memiliki kesamaan hari dengan dengan kalender biasa yang berjumlah 365 hari. Perbedaan jumlah hari ini akan sangat memusingkan bagi kita jika ingin mengetahui naungan zodiak kita dalam mitologi Suku Maya, terlebih tanggal lahir kita pada kalender biasa akan menujukkan tanggal yang berbeda bila dilihat melalui kalender Suku Maya. Sederhananya, dalam Astrologi kalender Haab akan memunculkan 19 zodiak dan kalender Tzolkin ada 20 zodiak.
Dalam perkembangan lampau, zodiak-zodiak ini muncul dari para pengamat langit yang pada dasarnya membuat garis-garis imajiner yang membentuk rasi bintang untuk membantu pengamat langit zaman dulu untuk tahu dimana letak benda-benda langit, sekaligus juga menjadi tanda mata angin atau petunjuk memulai musim.
Namun, dengan macam peradaban yang sama-sama bergantung pada benda-benda langit, baik Yunani, Mesir mau pun Suku Maya akan memberikan banyak pilihan zodiak juga bermacam-macam karakter pada setiap zodiaknya. Sistem zodiak yang akhirnya lebih kita kenal sebagai ramalan adalah bagian dari Astrologi.  Seperti yang kita tahu, Astrologi adalah ilmu yang mempelajari pergerakan benda-benda langit yang dihubungkan dengan masa depan, menentukkan nasib atau karakter seseorang dan mengunakan zodiak sebagai salah satu acuannya. Astronomi atau pun Astrologi memang berasal dari akar keilmuan yang sama. Namun, dalam perkembangannya kedua ilmu itu berjalan terpisah karena Astronomi mempelajari  pergerakan benda langit melalui penelitian ilmiah bahkan menggunakan teori-teori Fisika.
Zodiak memang menjadi salah satu fenomena alam yang ilmiah. Namun, dalam perkembangannya, zodiak memang menjadi ‘salah sejarah’ karena lebih dikenal sebagai ramalan. Padahal, jika kita baca lebih dalam lagi, karakter-karakter yang muncul adalah bentuk penggambaran dari dewa-dewi yang menjadi lambang dari setiap zodiak. Menggambarkan karakter dan kisah dibalik setiap zodiak, dan tidak semua orang dibawah naungan zodiak itu akan memiliki karakter atau garis cerita yang sama. Membaca bintang tidak hanya berbicara tentang ramalan, tapi juga tentang filosofinya, juga manfaat dari setiap rasi bintang yang ada.
Referensi
Cerita di Balik 12 Lambang Zodiak. http://terselubung.blogspot.com/2012/02/cerita-di-balik-12-lambang-zodiak.html. 22 Desember 2012
Mayan Astrology. http://horoscopes.lovetoknow.com/Mayan_Astrology. 22 Desember 2012
Melihat Ramalan Zodiak Secara Ilmiah. http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/2065492-melihat-ramalan-zodiak-secara-ilmiah/. 22 Desember 2012
Mengenal Zodiak Mesir. http://terselubung.blogspot.com/2009/10/mengenal-zodiak-mesir.html. 22 Desember 2012
Rahasia di Balik Zodiak kamu. http://dianacakes.wordpress.com/dibalik-simbol-zodiak/. Diunduh 20 Desember 2012
Ramalan Zodiak Suku Maya. http://www.koskosanku.com/artikel/serba-serbi/20/551/ramalan-zodiak-suku-maya. 22 Desember 2012
Sejarah Zodiak. http://rasibintang.wordpress.com/category/sejarah-zodiak/. Diunduh 20 Desember 2012
Zodiak dalam Astronomi. http://langitselatan.com/2011/01/20/zodiak-dalam-astronomi/. Diunduh 20 Desember 2012
Zodiak yang terus bergeser. http://sains.kompas.com/read/2011/01/20/10021175/Zodiak.yang.Terus.Bergeser. Diunduh 20 Desember 2012.
Zodiak: Astrologi atau Astronomi. http://deking.wordpress.com/2007/08/15/zodiak-astrologi-atau-astronomi-hanya-suatu-prequel/. Diunduh 20 desember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar