Senin, 08 Juli 2013

Berbagi Lewat Ban

Kurang lebih 2 minggu ini, aku gak pernah pergi sendiri.
Jadi anak manja gitu deh, jarang mengendarai si Supra Biyu Unyu Unyu sendirian untuk pergi jauh. Kalo gak minta anter, pasti minta jemput orang, haha :D
Daaaann hari ini, dengan gagah berani dan semangat membara diawal minggu, aku mengendari Supra Biyu Unyu Unyu untuk pergi sendiri. Tadi ceritanya mau ngurus ATM yang nemplek jadi satu sama KTM, yaa panjang ceritanya. Sedangkan butuh banget diurus karena ada harta karun didalemnya, jadi yaa pasrah lah tadi dilempar sana-sini sama embak Customer Service.
Abis dari Mandiri UGM, aku disuruh ke Mandiri Magister. Ya udah pasrah aja kesana. Naahh, dari Mandiri Magister, dilempar lagi ke Mandiri UGM. Yaaowooh~ tapi yaa mau gimana lagi?
Pas keluar dari basement kampus, tiba-tiba motor kerasa gak enak nih. Ternyata ban depan bocor. Yaudah, jadi harus nambal ban dulu deh.

Tambal ban paling deket yang aku inget itu di depan Fakultas Perikanan. Tambal ban yang sedikit memorial ceritanya.  Dan tadi, ke tambal ban itu ada lagi sedikit memori yang diberikan oleh Mas Tambal Ban.
Dulu, dulu banget ceritanya, waktu aku mau nganter kurcil-kurcil sulingan, di deket situ ban juga kerasa gak enak. Mampirlah untuk menanyakan keadaan. Pas itu masnya nanya, “mau langsung dibongkar apa isi angin dulu mbak?” berhubung buru-buru jadi aku minta isi angin dulu aja. Setelah isi angin, selayaknya seorang pelanggan, aku nyodorin uang. Tapi masnya dengan baik bilang gini, “udah Mbak, bawa aja. Cuma isi angin kok, duitnya dipake buat nanti nek harus tambal ban beneran aja.”
Baik banget kan masnyaa?

Dan waktu kesana, lagi-lagi, aku melihat kebaikan si Mas itu.
Ceritanya ada bapak-bapak yang ban mobilnya bocor. Terus minta ditublesin gitu, sembari nunggu istrinya yang lagi ujian. Si Mas udah berusaha nih untuk memperbaiki ban mobil itu. Udah berkali-kali juga bongkar pasang supaya ban mobilnya bener. Akhir kata, setelah beberapa kali mencoba dan masih tetep bocor juga si Mas itu menyerah. Sambil bilang enggak mampu, dia mengusulkan tambal ban lain yang bisa ngakali kebocoran ban itu.
Terus si Bapak ngeluarin dompet, mau bayar jasa si Mas.
Dengan tulus mas itu jawab, “Pun mboten sah, Pak. Wong niki kulo mboten saged le mbenerke kok. Pun dibetha mawon. (Sudah gak usah, Pak. Orang ini saya gak bisa yang mbenerin kok. Dibawa aja {uangnya})”

Umumumuuu~ aku terharu. Untuk kesekian kali melihat kebaikan Mas-nya itu sesuatu banget :’)

Seusai Bapak itu pergi, gantian Supra Biyu Unyu Unyu-ku yang digarap.
Seperti biasa, kalo udah kaya gini aku Cuma bisa jawab “Aku gak tau mas itu kenapa, pokoknya gembos. Mau langsung di bongkar juga gak papa”. Si Mas Cuma nyengir aja, yaa maklumlah, emang gak pernah bisa bedain yang mana kurang angin, yang mana bocor beneran.
Begitulah, berbagai ritual tambal-menambal ban dilakukan oleh Mas itu. Singkat cerita, tambal ban udah rampung nih. Terus sebelum masang ban, dia meneliti ban dalemku. Dan ternyata ban-nya sobek! Terus dia senyum-senyum sambil bilang, “Ini nih Mbak yang suka bikin bocor, soale sobek”. Hahaha, udah sering ban depan bocor, baru sekarang aku tau penyebabnya --_____--  lalu dia dengan baik hati mencarikan landesan untuk banku itu.
Dengan segala usaha yang telah dia lakukan dan saran berharga yang dia berikan, aku tanya berapa biayanya, tujuh ribu rupiah aja cems. Murah yaa?
Waktu ngeluarin dompet mau bayar, si Mas beralih ke ban belakangku dan ngisi angin untuk ban belakang. Aku gak minta lho cems, dia yang inisiatif ngisiin sendiri :’) semakin baik enggak sih Mas Tambal Ban ini?
Ibarat gebetan, langsung melonjak tinggi deh poin si Mas Tambal Ban itu :’)

Itung-itung sebagai tips, aku kasih 10 ribu ke Mas-nya. Aku sengaja gak minta kembalian, dan Mas-nya kaget, terus bilang “Hla kok malah gak disusuki piye to, Mbak? (Hla kok malah enggak usah kembali tuh gimana, Mbak?)” Itu enggak banyak lho cems, Cuma selisih 3 ribu doang. Tapi dengan rendah hatinya dia mau mengembalikan sisa uang itu. Mungkin merasa jasa yang dia berikan memang hanya berarti tujuh ribu saja.
Aku jawab aja pake senyum kalem kaya Mas itu, “Kan soalnya Mas udah nambah angin ban belakang, buat bayar itu,hehe”

Sebenernya, gak Cuma sekedar ngisi ban belakang.
Karena aku udah pernah jadi salah satu yang dibantu oleh Mas itu. Yaa, si memori itu tadi tuh kebaikan si Mas Tambal Ban dan aku masih inget sampe sekarang. Ditambah lagi, ternyata kebaikan Mas itu terlihat juga melalui apa yang dia berikan untuk si Bapak tadi.
Emang gak banyak, dan emang uang itu gak bisa ditukarkan dengan banyak kebutuhan yang Mas itu butuhkan.
 Hanya saja, aku ingin menghargai jasa yang sudah Mas itu berikan. Kebaikannya untuk hari ini dan hari yang lalu itu.

Kata orang kan, hari semakin jahat nih, semakin banyak orang yang jahat pula. Tapi, Mas itu membuktikan, bahwa di waktu yang semakin jahat ini, masih ada kok orang yang baik sampai sekarang. Masih ada kok orang yang mau membantu orang lain dan dengan tulus membantu.
Dan kenapa juga aku memilih menceritakan Mas ini?
Karena besok udah mulai puasa!
J
Semoga cerita kecil kebaikan Mas Tambal Ban ini sedikit bisa memberi inspirasi. Semoga, waktu puasa, di bulan yang penuh rahmat ini, kita mau banyak berbagi, kita mau dengan rela memberi. Dan Mas Tambal Ban itu sebagai bukti nyata bahwa keteguhan hati kita gak akan mempan deh digoda sama setan manapun.

Terima kasih Mas Tambal Ban, aku gak tau nama Mas siapa. Tapi, terima kasih banyak karena mengajariku hal baru hari ini.

Selamat puasa semuanyaa~
Yuk banyak berbagi, yuk tambal hati kita dengan niat baik biar setannya gak bisa nyusup J jangan lupa tarawih juga  yaa nanti malem!


Happy Monday all! Have a great energy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar