Selasa, 09 Juli 2013

Nyinyir Pagi-Pagi

Pagi tadi, aku gak bisa menuntaskan keinginan bangun siang.
Soalnya jam 6 pagi Bunda udah masuk kamar dan nyuruh bangun. Yaa pas itu sih Cuma bisa nggeram aja kaya Bhebe. Tapi, begitu ditanyain nilai udah keluar apa belom? IP hasilnya gimana? Yak! Rohku langsung setengah masuk ke badan. Isu sensitif pagi-pagi tuh.
Setelah ngomongin IP, gak lama gantian Ayah yang masuk kamar.
“Adeek bangun! Siap-siap mau bayar pajak motor, ben kowe ngerti carane (biar kamu tau caranya).”
Yak, fix sudah gak bisa glundungan lama-lama di kasur. Apalagi terus si kurcil-kurcil ikutan masuk kamar. Rewo sudah kamar.

Gimana perasaan waktu bayar pajak?
Sulit tweeps!
Kenapa? Sulit bayarnya yaa? Ribet?
Enggak tweeps. Bayarnya cepet kok. Yang sulit itu ngatur emosi sama ngatur mulut biar gak nyinyir! Seriusan! Nyinyir banget tadi waktu bayar pajak.

Jadi kenyinyiran ini diawali dari rebutan dulu-duluan dapet antrian.
Pintu belom dibuka aja, udah ada yang desek-desekan. Pintu setengah di buka sama Pak Polisi, dari luar udah ada Ibu yang nyaut narik pintu biar dia masuk duluan. Ealah Ibuk ibuk.
Aku hanya bisa memandang geli Bapak-Ibu yang desek-desekan dengan lucunya itu. Untung aja, Bapak-Ibu ini cukup paham dengan yang namanya antri. Coba kalo enggak, cobak kalo masih ada yang gelut atau nada tinggi nyuruh mundur ke belakang. Wuiiihh, bakal ikut gelut tuh aku, hahaha :D
Selayaknya aku, Ayah juga Cuma bisa senyam-senyum sembari ngikutin buntut antrian. Ikut arus ajalah.
Ini cerita loket pertama, tempat dimana kita ngumpulin STNK dan berkas kita. Nah, di loket ini ada Bapak Polisi yang tadi bukain pintu. Di loket ini juga, kita akan dapet nomer antrian untuk membayar di loket selanjutnya.

Lalu, aku dan Ayah duduk lagi nih.
Sebelah Ayah lalu menyusul duduk seorang Ibu. Ibunya ini dari Pakem. Jalan Kaliurang KM 22 tepatnya. Ayah dan Ibu itu chit-chat ringan. Sampai tiba-tiba muncul celetukan Ayah.
“Iki kok le bayar ngenteni suwi ya? (Ini kok bayarnya nunggu lama ya?)”
“Inggih niki, Pak (Iya ini, Pak). Mana yang ngantri pada rebutan kaya tadi lagi.”
Ayah ketawa lalu dia menambahkan. “Inggih, niki kok yo wong tuwa koyo cah cilik, rebutan (Iya, ini orang tua kok kaya anak kecil, rebutan).”
Hahahaha, setujuuh banget deh sama Ayah~

Sewaktu mereka masih membahas rebutan yang tadi, tiba-tiba ada suara intercom.
“Untuk nomer antrian 1 sampai 10 harap segera menuju ke loket 4B.”
Seusai suara mbak seksi itu kelar, berduyung-duyunglah orang menuju loket 4B. dan masih tetep rebutan tweeps! Mereka sibuk pengen duluan, sedang aku menatap nanar nomer antrian yang ada di tanganku.
Gilaaaakk, udah gak tertahan nyinyiran dari mulut ini!
“Ya Ampuuunn, buat apa ada nomer antriannya? Sama aja pada desek-desekan ini.”
Hufft. Aku nyinyir, Ayah Cuma ketawa. “Karepe ben cepet kok, ning kurang bener (maksudnya pengen cepet kok, tapi kurang bener).”
Iya, memang penggunaannya kurang tepat.

Saya dosa sebenernya pagi-pagi udah nyinyir gini. Tapi pengalaman pertama ini memang bikin nyinyir,hehe
Dear Pak Polisi, aku bersedia lho Pak ngisiin suara kasetnya. Sumpaahh, kalo emang gak ada yang ngisi suara, sampe berapa ratus nomer antri sekalipun aku mau, Pak ngisiin. Dari pada rebutan kaya tadi kan? Bapak sendiri kan juga sebel tadi pagi waktu buka pintu.
Kalo enggak ada yang selo mencetin satu-satu juga tak bantuin mencet wes, Pak. Boleh lah kalo selo besok aku mencetin tombolnya. Dari pada ribut, banyak juga yang ikutan nyinyir, Pak. Dosa.

Sebenernya, dengan banyaknya orang yang udah ngantri pagi-pagi sebelum pintu di buka, itu tanda lho kalo kesadaran pajak kita udah ada. Kesadaran para wajib pajak untuk membayar pajak juga udah tinggi. Bahkan, seperti Ibu yang tadi, yang rada kemrungsung karena telat bayar pasti juga ada beberapa yang seperti itu. Itu menjadi tanda bahwa belum memenuhi kewajiban kan?
Cuma, kesadaran untuk memberi pelayanan terbaik dari birokrasi itu yang belum tinggi. Buktinya masih pada pengen kerja cepet kan? Apalagi tadi ada bapak polisi di loket yang gak jela kerjanya apa. Mending Bapak turun aja ke jalan biar gak macet kan, Pak? Gimana? Apalagi yang di loket banyak yang cemberut dan jawab ketus.

Tapi, over all, aku suka kok. Pengalaman hari ini sesuatu banget J

Bisa terbilang cepat juga sebenarnya proses bayar pajaknya. Yaa, semoga semakin lebih baik lah besok. Udah tinggi lho animonya, kalo pelayanan lebih maksimal pasti lebih banyak yang mau tepat bayar pajak. Biar aku juga total mau jadi wajib pajak yang taat,hehe ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar