Sabtu, 11 Mei 2013

Warna-Warni

gambar balon, foto balon, wallpaper balon


          Hari ini aku dan teman-teman habis naik gunung. Gunung Merapi.
          Bukan naik gunung dalam arti yang sebenarnya yaa. Naik gunung  karena harus ngisi acara di salah satu acara yang diadain di kaliurang. Nama acaranya Temu Hati Forum Anak Daerah Istimewa Yogyakarta.

          Waktu memasuki aula, banyak banget tempelan eye catching. Ada banyak warna-warni mencolok yang membuat aula terlihat semarak. Ditambah lagi background yang juga penuh warna. Anak-anak banget! Jadi inget zaman TK yang selalu tertarik dengan warna-warni yang semarak. Unyu unyuuu~
          Selain itu, yang paling menarik adalah karton di bagian belakang. Di karton tersebut dibuat sebuah tabel. Disebelah kiri adalah kolom dengan emoticon. Ada emot senang, datar dan sedih. Dan di baris atas adalah acara-acara (leadership, writing skill, manajemen organisasi,etc) yang sudah dilakukan selama acara sejak hari Jumat. Daann, teman-teman dipersilahkan memberi vote untuk setiap acara dengan materi yang mereka sukai. Jadi, kalo enggak suka sama materi writing skillyaa bikin bintang di kolom emot sedih, kalo suka yaa bikin bintang di kolom emot senang.
          Bikin lebih senang lagi, karena teman-teman diforum itu sangat aktif bertanya. Walau kadang masih suka mempertanyakan hal yang sama, tapi ada keaktifan yang besar dari teman-teman.

          Satu hal yang bisa aku dapetkan dari mengisi acara tersebut adalah, bahwa setiap anak itu berwarna-warni seperti kertas origami.
          Setiap anak berbeda satu sama lain. Merah berbeda dengan hijau, berbeda dengan kuning. Setiap anak juga punya kriteria sendiri dan hal yang mereka sukai. Di forum tersebut, setiap anak memang wajib untuk mengikuti setiap rangkaian acara. Karena tiap materi memang hal yang mereka butuhkan untuk kemajuan forum. Tapi, mereka bebas untuk memberi vote terhadap hal yang mereka sukai.
Hasilnya? Mereka akan total. Mereka akan aktif bertanya. Terlepas bahwa anak-anak yang disitu adalah anak pintar dan pilihan. Hanya saja, tanpa dipaksa-paksa, mereka akan dengan berani bertanya dan mencoba challenge yang diberikan. Ada juga binar bahagia dimata mereka. Dan, sebagai pemateri rasanya pasti juga ringan dan gak bingung, plus bangga juga kalo banyak yang tanya,hehe
Menurut aku, hal ini yang harus dicermati oleh para guru dan orang tua.
Saat anak tidak aktif bertanya dikelas atau forum, itu bukan berarti mereka males kok. Itu hanya karena subjek materi memang bukan hal yang mereka sukai. Saat mereka menyukai apa yang mereka hadapi, secara naluri pasti mereka ingin memperdalam kemampuan dan menjadi anak aktif. Begitu juga jika anak-anak tidak menyukai hal yang kita pilihkan. Seperti tabel tersebut, kita juga harus fair mengakui dan terbuka menerima ketidaksukaan anak-anak.
Contoh gampangnya nih adekku.
Baru-baru ini, dia ikut salah satu komunitas suling. Tempat latiannya lumayan jauh. Dia pulang sekolah sore dan mau ujian nasional pula. Tapi karena dia suka, dia semangat banget. Tiap senin itu, pasti aku diteror. Di sms teruuuuss suruh cepet pulang untuk nganterin latian. Tau-tau, dia udah ditawarin aja ikut main untuk sebuah acara, padahal belum lama gabung. Liat kan betapa semangatnya anak kalo ketemu hal yang mereka suka?
Itu dia yang aku bilang total.
Totalitas anak-anak itu enggak boongan kok. Dengan disentuh dan dekat dengan hal yang mereka sukai, mereka akan belajar untuk jadi aktif, mengenal tanggung jawab dan semangat. Yang pasti, saat mereka dewasa akan menjadi pribadi yang memang mencintai dunia mereka. Akan jadi orang!
Kita hanya perlu belajar dan sadar, bahwa anak itu bisa memiliki minat yang berbeda dari keluarga dan orang disekeliling mereka. Dan tugas kita adalah untuk mendekatkan anak-anak pada hal yang mereka sukai, biar totalitas sejak dini udah ada. Seneng kan rasanya kalo liat anak-anak sudah sejak awal mencintai dunia mereka? ;)

Okee, cukup sudah cingkimin time-nya dan sok-sokan menjadi orang tua. :D
Kalo salam dari Kakak Desti sih, semagaat yaa teman-teman! Jangan takut mempunyai warna yang berbeda. Mari warnai Indonesia dengan apa yang kalian suka.
Terus berkarya anak Indonesia dan terus warna-warni J

 Gambar:http://wallpapersgallerys.blogspot.com/2012/11/gambar-gambar-balon-dengan-warna-warni.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar