Jumat, 07 September 2012

Iklan "Rumahku Indonesiaku"


Mengikuti iklan-iklan yang dimunculkan oleh merek dagang rokok memang membuat kita berdecak kagum. Dengan ide yang bagus dan penampilan yang menarik, membuat setiap iklan merek dagang rokok, merek apapun itu, membuat iklan menjadi berkualitas. Jauh berbeda dari iklan komersil biasa. Ada totalitas tersendiri yang selalu dimunculkan dalam iklan-iklan rokok ini. Terutama pengemasan komersialisasi rokok yang kadang tersembunyi dan dibuat menjadi ‘halus’ tanpa menggembar-gemborkan kualitas atau merek tertentu. Iklan rokok, sebagian besar pasti hanya memunculkan tagline atau merek pada scene akhir, tidak melulu memunculkan merek dari awal hingga akhir iklan.
Salah satu iklan yang menarik adalah iklan yang keluar atas nama Gudang Garam. Iklan Gudang Garam yang keluar untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia tahun  2006 ini sudah tidak lagi muncul di tivi. Beruntung kita masih dapat menemukannya di youtube. Kespektakuleran ide yang selalu digambarkan oleh para creator iklan untuk merek dagang rokok di Indonesia memang sangat memukau. Dari segala jenis rokok yang ada, para creator iklan ini selalu menampilkan hal yang indah dengan maksimal. Pencitraan yang sempurna. Terlebih karena pemilihan momen dan ide yang baik.
Iklan rokok, memang ‘mematenkan’ ide mereka dengan mengeksplorasi tentang kekayaan Indonesia. Iklan merek rokok ini selalu menampilakan hal-hal indah tentang indonesia. Menjelaskan dengan imajinatif dan spektakuler betapa hebatnya keindahan Indonesia melalui visualisasi yang nyata. Dan saya suka apapun yang berhubungan dengan Indonesia, hal ini juga yang banyak menarik perhatian penonton lainnya. Apalagi iklan tersebut  bisa menggambarkan keadaan dan keindahan Indonesia selain di Jawa. Memang ada begitu banyak iklan rokok yang serupa, yang sama-sama membuat kita terpukau oleh kreasi mereka yang sangat apik. Tapi, kenapa saya lebih memilih iklan ini karena kesan pertama yang saya dapatkan dari iklan ini sangat terasa. Iklan ini dikemas dengan begitu anggun.
Menampilakan pemeran utama wanita yang menggunakan dress panjang warna putih. Penyampaian analogi yang berbeda, merasakan pencitraan Indonesia yang dalam dari sosok wanita itu. Bergaun putih polos, dengan rambut hitam panjang dan kulit eksotis. Sangat Indonesia. Sangat mengangkat sisi keindahan Indonesia yang lainnya. Melalui pencitraan seorang wanita. Pemilihan tempat yang bagus juga semakin memperkuat makna iklan yang ingin disampaikan. Dengan berbagai kebudayaan dan keunikan Indonesia yang dimunculkan sebagai visualisasi untuk menjelaskan iklan tersebut. Juga keunikan karena ‘merangkul’ anak-anak untuk ikut ada di iklan tersebut, anak-anak kecil yang juga terlihat dari beberapa suku di Indonesia. Secara tidak langsung, diperlihatkanlah pentingnya kesadaran anak muda akan keindahan dan harus mulai mengagumi negerinya.
Didukung juga dengan lagu yang bagus dan sangat etnik. Dengan bahasa saya, saya menyebutnya sebagai lagu suara alam. Suara alam yang mendukung keimajinatifan iklan tersebut, dan semakin menguatkan imajinasi para penontonnya. Ditambah lagi dengan kalimat-kalimat dari narator yang, lagi-lagi, sangat provokatif. Secara teknis, jarang sekali iklan rokok yang memunculkan narator didalamnya. Iklan Gudang Garam ini sendiri muncul dengan adanya narator didalamnya, membawakan beberapa kata tentang Indonesia. Pemilihan kata yang cenderung provokatif ini bisa dikemas dengan sangat bagus, menyentuh dan dalam. Bisa tertangkap maksud isi narasi yang mengkritisi pandangan miring orang Indonesia tentang negerinya secara tersirat. Tentang betapa indah dan kayanya Indonesia. Betapa indah bila kita mau melihatnya. Secara tidak langsung itulah yang ingin disampaikan agar dimengerti oleh orang yang menontonnya. Keindahan Indonesia yang dikemas secara provokatif.
Iklan ini adalah salah satu iklan yang bisa dikategorikan sebagai iklan yang total. Iklan yang total karena dibuat tidak hanya disatu tempat dengan teknik pengambilan gambar fade out-fade in yang menarik, pemilihan tempat, backsound dan cast. Iklan yang benar-benar serius dibuat untuk promosi dan juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Iklan yang tidak hanya menjual merek, iklan yang inovatif dengan mengangkat isu yang sensitif dan indah. Iklan yang mengangkat keunikan untuk mendukung dan menarik segmentasi tertentu bagi para konsumen yang melihat. Iklan seperti ini adalah iklan yang tidak mudah dilupakan, iklan yang menarik peminat secara halus.
Di sisi lain, munculnya iklan ini sama seperti memunculkan rasa kepemilikan akan Indonesia dan keunikannya. Akan apa yang ada didalamnya. Sayangnya, seperti yang kita tahu hanya terlihat  iklan rokok yang selalu memegang tema ini dan totalitas dalam pembuatannya. Sulit menemukan iklan dengan totalitas yang begitu tinggi didalamnya. Semoga akan ada merek tertentu yang juga mulai mengangkat totalitas didalamnya. Juga mengangkat tema yang menarik dan fundamental seperti Indonesia itu tadi. “Dan kupastikan, tak kan ada yang mampu merebutnya dariku. Hanya disini, di Indonesiaku.” Dengan kalimat penutup yang indah ini membuat makna kemerdekaan dan keistimewaan Indonesia semakin terasa dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar