Minggu, 14 Oktober 2012

"Sabar aja deh, menikmati waktu.."


"Waaa, mesin cucinya lama bangeeett! Sabar aja deh, menikmati waktu.."

Gak sengaja waktu nyuci piring dan pembagian lotre mandi tadi pagi, kata-kata itu diucapin sama Dian, adekku. Kebetulan lagi giliran dia nih nyucu baju dan ngejemur sekalian. Berhubung pengen cepetan mandi, jadi merutuki deh mesin cuci yang lama banget menggiling baju -______-

Sabar aja dan menikmati waktu? Sekilas hal ini biasa aja, tapi pernahkah kita benar-benar sabar dan menikmati waktu? Bisa kah kita seperti baju yang gak pernah ngomel atau merutuki gilingan mesin cuci?

Baju yaa? Kenapa bisa baju? Karena baju bisa menikmati waktunya dengan sabar.
Bayangin aja, baju setelah kita pakai pasti kena butiran debu, tetesan keringat, belom lagi paparan sinar matahari yang punya UV. Ditambah kalo kita main pasir, lumpur,kena noda saus, susu. Ckck, kasian banget kan?
Deterjen jaman sekarang memang punya pelembut pakaian dan bisa menghilangkan noda dengan mudah, bahkan gak bikin apek pula. Tapi, bagaimana bisa baju menikmati pelayanan dari deterjen saat kita mencuci? Orang kita nyucinya aja sangat brutal. Dikucek-kucek, disikat-sikat, diremas-remas, digiling-giling juga kalo kita pake mesin cuci. Udah kena guyuran air dingin berkali-kali, langsung dengan teganya kita menjemur baju kita dibawah sinar matahari. Selama setengah hari!
Baru diangkat setelah kita yakin kering, bahkan saking lamanya kadang bisa menciut. Pernah kah kita bisa sabar dan gak ngedumel kalo kena sinar matahari? Cuma 10 menit aja udah teriak-teriak, hla ini si baju setengah hari sendiri berteman dengan matahari, ditambah lagi setrika panas yang siap menerjang tubuh si baju malang ini..

Cukuplah hanya itu perjuangan baju? Enggak!
Yang paling parah, kalo baju udah jelek atau kekecilan, baju kita suka sering buat lap sodara-sodara.. Bahkan juga keset didepan kamar mandi. Merana banget gak tuh nasib baju?

Lalu dimana baju bisa menikmati waktunya?
Baju menikmati waktunya saat digiling dimesin cuci, mungkin hal ini semacam gelitikan tersendiri baginya. Juga ujian untuk bertahan agar bisa bersih dan kembali dipakai sang pemilik.. Kebanggaan saat dia melihat senyum sang tuan melihat dirinya bersih kembali.
Baju juga menikmati waktunya dengan berteman dengan matahari. Menikmati sinarnya sebagai teman yang membantunya meretas air disetiap seratnya. Baju selalu menikmati panas itu, menikmati panas matahari selama masih bisa merasakannya. Kadang, tidak ada rasa syukur kita karena masih bisa merasakan sinar matahari.
Baju menikmati waktunya dengan sabar, bahkan juga tetap sabar saat kita mengalihfungsikan dirinya menjadi lap atau keset.

Baju bisa menikmati setiap prosesnya, menikmati setiap cobaan dengan sabar dan selalu bertahan untuk selalu bisa digunakan. Tidak peduli berapa banyak proses menyakitkan yang harus ia lalui..
Dari baju yang menempel erat dibadan kita ini, harusnya kita belajar. Menikmati waktu dan bersabar, juga keiklasan untuk terus melalui proses itu karena ada kebanggan saat kita dengan bangga dan senyum mematut diri didepan cermin karena baju yang kita gunakan.. :)

gambar diambil dari Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar