Minggu, 07 Oktober 2012

Twitter Mengguncang Indonesia


PS: Mbak, Mas, tumblr-nya Anggita Rimadani error, makanya bridging course-nya nitip di blog saya. Maaf yaa Mbak, Mas. Terimakasih :)

Twitter Mengguncang Indonesia
“Jack Dorsey, penemu Twitter.

Twitter berawal dari sesi brainstorming yang dilakukan oleh para petinggi perusahaan podcastingbernama Odeo, idea awal dari Dorsey adalah penggunaan jasa SMS untuk melakukan komunikasi dengan mereka yang berada dalam suatu kelompok kecil. Proyek ini kemudian diberi nama TWTTR, terinspirasi dari Flickr dan kependekan dari kode SMS Amerika yang terdiri dari 5karakter. Pihak pengembang awalnya mempertimbangkan penggunaan "10958" tapi berubah menjadi "40404" agar lebih praktis dalam mengingatnya. Proyek dimulai pada 21 Maret 2006, saat Dorsey mengirim pesan Twitter pertama yang berbunyi "just setting up my twttr"

Jack Dorsey sendiri mengatakan bahwa nama Twitter sangat cocok karena mampu mendefinisikan sebuah informasi singkat dan mirip dengan kicauan burung.

Prototypeawal Twitter digunakan hanya oleh karyawan Odeo dan pada 15 July 2006, versi umum diperkenalkan. Pada Oktober 2006, para anggota Odeo seperti Biz Stone, Evan Williams dan Dorsey membentuk perusahaan Obvious Corporation dan membeli Odeo, semua aset nya termasuk Odeo.com dan Twitter.com dari para investor dan pemegang saham. Pada April 2007, Twitter berkembang menjadi perusahaan mandiri.

Popularitas Twitter berawal dari festival South by Southwest. Pada kegiatan tersebut, penggunaan Twitter meningkat menjadi 60.000 tweets perhari. Steven Levy dari Newsweek mewartakan bahwa perusahaan Twitter dengan cerdik menempatkan 2 layar plasma berukuran 60" di ruang konverensi yang berfungsi untuk menampilkan pesan-pesan Twitter, akibatnya para peserta konferensi mendapatkan informasi akurat dari sesama pengguna, para pembicara juga menyinggung hal tersebut dan juga dukungan dari para blogger yang hadir.

Pesan Twitter pertama yang dikirimkan dari luar angkasa ditulis oleh Astronot Nasa, T.J. Creamer pada 22 Januari 2010, dan pada akhir November 2010, rata-rata updateharian sebanyak 12 pesan dikirimkan melalui account@NASA_Astronauts. “
(Sejarah Twitter. http://forum.viva.co.id/sejarah/207512-sejarah-twitter.html. Diakses pada 6 Oktober 2012 pukul 15:32)
Setelah era friendster kian tenggelam, maka hadir facebook untuk menggantikannya. Kini, facebook mulai tersaingi dengan adanya media jejaring baru yang dinamakan twitter. Twitter merupakan jejaring sosial yang memfasilitasi pengguna nya untuk menulis tentang apapun. Sekilas mirip dengan blog, namun bedanya ada pada jumlah karakter penulisan nya. Pada media blogging penggunanya bisa menuliskan sebanyak apapun mereka mau, tetapi di twitter terdapat batasan penulisan hanya 140 karakter. Untuk itu twitter disebut sebagai microblogging.
Cara menggunakan twitter sangat mudah dan terbilang simpel. Terdapat piliha reply, favorite, retweet, dan lain-lain. Suatu tweet (tulisan pengguna twitter) bisa dengan mudah ditujukan kepada pengguna lain dengan me-mention user lain yang ingin dituju. Mention bisa diibaratkan sebagai inbox SMS yang masuk yang dialamatkan dengan nomor handphone.
Akun twitter di masa kini sudah sangat beraneka ragam. Ada akun yang khusus membahas berita-berita actual, ada akun yang membahas kehidupan remaja, ada akun yang memberikann informasi kuliner, dan masih banyak lainnya. Pemilik akun twitter pun tidak hanya orang-orang biasa saja, kalangan artis serta para pejabat pun memiliikinya.
Bagi kebanyakan orang, twitter berperan sebagai media paling dekat yang bisa digunakan oleh ibaratnya para fans agar seolah-olah dekat dengan idola mereka. Mereka bisa bebas melakukan mention kepada idola atau pemerintah mereka secara langsung. Mereka bebas melakukan follow atau unfollow akun-akun twitter. Follow adalah istilah untuk memilih mengikuti update terbaru dari akun yang akan di-follow tersebut. Sedangkan unfollow adalah pilihan untuk menghentikan mengikuti update terbaru.
Twitter mulai menjajaki Indonesia pada tahun 2009 dan terus berkembang pesat pada 2010 hingga 2012 kini ini. “Twitter makin digemari dan mulai melesat antara tahun 2009 sampai tahun 2010. Sebanyak 100 juta user baru Twitter bergabung di tahun 2010. Salah satu perubahan dramatis yang terjadi adalah banyak user mulai menulis informasi profil pribadi mereka dengan mendetail, yaitu sampai 69%. Padahal sebelumnya tidak terlalu banyak yang menuliskannya.” (Fakta Menarik dalam Sejarah berdirinya Twitterhttp://fahrurrozihm.blogspot.com/2012/06/fakta-menarik-dalam-sejarah-berdirinya.html#ixzz28VReXCUw. Diakses pada 6 Oktober 2012 pukul 15:37)
Di era ini, twitter sangatlah booming terutama di Indonesia. Bagaimana tidak, fakta saja menunjukkan bahwa pengguna twitter paling banyak adalah dari Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan sering adanya TTWW (Trending Topic World Wide) yang menggunakan bahawa Indonesia. TTWW adalah istilah untuk topik utama yang sedang dibahas dalam tingkatan dunia di media twitter.

DAFTAR PUSTAKA
(AAn. Pengertian Twitter dan Cara Pendaftaran. http://bang-aan.blogspot.com/2010/01/pengertian-twitter-dan-cara-pendaftaran.html. Diakses pada 6 Oktober 2012 pukul 15:00)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar