Sabtu, 13 Oktober 2012

New Media, Kekuatan Kita, Pergerakan Kita



Di era yang serba digital ini, berbagai macam new media pasti sudah melekat kuat pada diri setiap pribadi muda di Indonesia. Twitter, Facebook, Blog adalah beberapa new media yang selalu dikunjungi anak muda setiap harinya. Bahkan, bisa dikatakan bahwa new media ini mengambil alih peran personal dalam kehidupan pribadi. Tak perlu lagi sahabat atau teman untuk berbagi keluh kesan, cukup update status dengan 140 karakter atau blogging dengan narasi kejenuhan yang dialami sepanjang hari. Hal ini yang membuat new media hanya sekedar menjadi “tong sampah” atau tempat berbagi kegalauan. Apakah hanya itu saja peran yang dapat kita ambil dari new media? Apakah anak muda hanya menggunakan new media sebagai tempat curhat, adakah pergerakan yang diawali dari new media?
            New media adalah media yang berbasis digital dan bukan lagi media berbasis kertas. Peran new media bagi kaum muda saat ini sebenarnya ada bermacam-macam. Ada berbagai kemudahan memperbaharui informasi dengan ketikan jari. Berbagai portal berita  memperbaharui informasinya melalui twitter, ada juga kolom promosi bagi anak muda untuk mengembangkan bisnisnya. Kemudahan ini tentunya bisa kita manfaatkan lebih dari sekedar curhat.
            Familiarkah dengan nama Alanda Kariza, Iman Usman, Diana Rikasari, Pandji Pragiwaksono, atau Raditya Dika? Nama-nama anak muda inilah yang memanfaatkan new media sebagai tempat untuk menyebarkan young movement. Bila dilihat lebih jauh, mereka juga memulai aksinya dengan curhatan. Ya, anak muda memang tidak lepas dari keinginan untuk membagikan apa yang mereka rasakan, dengan bahasa twitter banyak anak muda meng-update statusnya dengan #semestaharustahu. Namun, nama-nama ini memanfaatkan new media tidak hanya sekedar semesta untuk tahu, tapi juga membuat semesta belajar dari apa yang mereka lihat dan rasakan. Kemudahan akses new media mereka kemas sebagai tempat kritik dan berkeluh kesah yang membangun tapi tidak menggurui.
            Alanda Kariza adalah gadis kelahiran Jakarta, 23 Februari 1991. Alanda pernah menjadi trending topic dan menyedot perhatian publik sejak ia berceloteh polos tentang kerisauan hatinya karena sang Ibu terjerat kasus Century. Ia bercerita tentang rasa tidak terima yang ia rasakan atas tuduhan dan tuntutan hukuman bagi ibunya. 10 tahun penjara dan 10 milyar rupiah, bagi Alanda hukuman itu sangat tidak adil. Apalagi jika harus dibandingkan dengan tuntutan lain atas kasus yang berjudul sama, penggelapan uang. Dengan gamblang Alanda memaparkan sedikit ketidakpercayaan pada Indonesia. Negara yang dulu ia percaya sebagai negara berlandaskan hukum kini membuatnya kecewa.
            Alanda Kariza adalah pencetus kegiatan Indonesian Youth Conference. Kegiatan ini ia perjuangkan dan dapat dilaksanakan sejak 2010. Indonesia Youth Conference adalah kegiatan yang mengumpulkan 33 anak muda dari seluruh Indonesia untuk berbagi masalah dan ide juga melakukan kegiatan yang bisa meyakinkan banyak orang bahwa suara anak muda harus didengar dan ditanggapi. Hal yang sama juga dilakukan oleh Muhammad Iman Usman. Iman juga membuat sebuah pergerakan besar yang membuatnya mendapat penghargaan Microsoft Bloggership Termuda 2011 karena blognya yang menginspirasi 32ribu anak muda. Tidak hanya satu penghargaan, masih banyak penghargaan lain yang datang padanya. Dengan blog-nya Indonesia Future Leaders, Iman membangun sebuah organisasi kepemudaan non-profit yang bertujuan membangun kompetensi dan kemampuan anak muda untuk menyelesaikan berbagai masalah sosial yang ada di Indonesia.
            Berbeda lagi dengan Diana Rikasari. Diana Rikasari memang tidak menyumbangkan pikirannya melalui kata-kata yang membangun, Diana Rikasari menunjukkan eksistensinya dengan passion-nya dalam bidang fashion. Para Fashion Blogger pasti mengenal nama ini. Diana memang menyukai fashion, menulis dan fotografi, itu sebabnya dia memilih blog untuk berekspresi. Melalui blog lah dia menunjukkan potensinya dalam mix and match pakaian. Dengan berawal hanya memajang hasil rancangan sendiri, membuat beberapa clothing line tertarik padanya. Tidak hanya bisa berbisnis, beberapa majalah juga tertarik memakainya sebagai fashion stylish. Tidak hanya itu, karena keberaniannya berekspresi Diana juga mendapat penghargaan sebagai  digital ambassador PTC 2011. Dengan penghargaan ini, Diana adalah wakil sosok muda yang sukses dalam dunia kreatif dan juga media digital.
            Raditya Dika dan Pandji Pragiwaksono sudah bukan nama yang asing lagi. Raditya Dika sebagai penulis kocak yang menelurkan banyak buku konyol ini terkenal sebagai salah satu anak muda yang menghidupkan kembali stand-up comedy di Indonesia. Tidak jauh berbeda dengan Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono juga sudah sering kita lihat keberadaannya. Pandji adalah penyiar radio juga penggiat stand-up comedy. Apa yang mereka lakukan dengan new media? Raditya Dika aktif dengan akun twitter-nya dan juga aktif mengutarakan pendapatnya yang selalu dipenuhi banyolan khas, sedangkan Pandji adalah blogger juga penulis beberapa buku yang mengangkat rasa kecintaan dan kepedulian pada Indonesia. Dua anak muda ini menunjukkan eksistensi melalui new media, mengkritisi suatu hal dan dipandang dengan perspektif yang berbeda dan diuatarakan lewat new media. Tentu saja dengan sangat berkualitas.
            Satu lagi kekuatan anak muda yang kadang tidak kita sadari keberadaannya. Ingatkah dengan #IndonesiaUnite? #IndonesiaUnite adalah gelombang baru yang muncul untuk merebut trending topic atas meledaknya bom di J.W Marriot dan Ritz Carlton. Dengan salah satu usaha dari Pandji Pragiwaksono yang memulai tweetpositif dan tidak mengumbar ketakutan, ratusan bahkan ribuan anak muda di Indonesia mulai bergerak. Ribuan pengguna twitterIndonesia bergerak untuk menyebar semangat positif dengan akhiran #IndonesiaUnite dan merebut status trending topic pemboman yang terjadi. Usaha sepele ini merupakan langkah efektif untuk menunjukkan keberadaan Indonesia, semangat pantang mundur yang tidak hilang dari Indonesia walau ada bom sekalipun, dan seluruh dunia membacanya. Tak perlu bom untuk membuat sebuah gerakan, masih ingatkah saat kita PPSMB PALAPA? Kita adalah salah satu penggerak young movement di new media. Tanpa kita sadari, kita adalah oknum new mediayang berusaha menyatukan Sabang sampai Merauke dengan #Palapa. Memang tidak lama, tapi dengan sempatnya menjadi trending topic dengan #Palapa dan berkenalan dengan teman baru dari Sabang sampai Merauke, usaha isidental ini cukup menunjukkan bahwa kita mampu memanfaatkan new media dengan lebih positif.
            New media adalah kesempatan bagi kita. Kemudahan ini adalah akses bagi kita untuk menunjukkan eksistensi kita. Dengan karya positif, dengan bisnis yang menjual, dengan gerakan persatuan atau apapun. Antusiasme pengguna new media adalah massa yang mampu melakukan gerakan masal yang menakjubkan. New media adalah sarana kita untuk berekspresi dan melakukan perubahan, juga kekuatan kita sebagai anak muda.

Daftar Pustaka
Pragiwaksono, Pandji. 2011. Nasional.Is.Me. Bentang:Yogyakarta

Alanda Kariza. Ibu, 10 tahun penjara, 10 milyar rupiah. 08 Februari 2011. http://alandakariza.com/ibu/

Fatamorgana. Curhat Alanda Kariza Jadi Trending Topic. 10 Februari 2011. http://amriawan.blogspot.com/2011/02/curhat-alanda-kariza-jadi-trending.html

Indonesian Youth Conference. http://indonesianyouthconference.org/aboutus/the-story/. Diunduh 13 Oktober 2012, 16.35.

IndonesiaProud. Muhamad Iman Usman: Pendiri Indonesian Future Leaders, Penerima Youth Achiever Recognition Award dari PBB. 13 Mei 2011. http://indonesiaproud.wordpress.com/2011/05/13/muhamad-iman-usman-pendiri-indonesian-future-leaders-penerima-youth-achiever-recognition-award-dari-pbb/

Indonesia Future Leader. http://indonesianfutureleaders.org/. Diunduh 13 Oktober 2012, 17.01.

Giewahyudi. Kartini 2011, Habis Ngeblog Terbitlah Tenar. 19 April 2011. http://giewahyudi.com/kartini-2011-habis-ngeblog-terbitlah-tenar/

Kompas.Com. Diana Rikasari: Dari Fashion Blogger Jadi Pengusaha. 9 April 2011. http://female.kompas.com/read/2011/04/09/07525542/Diana.Rikasari.Dari.Fashion.Blogger.Jadi.Pengusaha

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar