Jumat, 26 Oktober 2012

Kunamai lengkingan keegoisan!




Pagi ini, karena libur, seperti biasa bunda ngajak aku ke pasar. Pasar yang gak jauh dari rumah, Pasar Mlati. Pas mau pulang, sebuah kejadian kecil bener-bener buat aku sedikit emosi dan semakin mensyukuri keputusanku untuk enggak sering-sering menggunakan klakson. FYI, Pasar Mlati itu terletak di Jalan Magelang. Kalo ada yang tau Makam Wahidin, naah ntu pasar ada disebrang makam. Pasarnya terletak di sisi-sisi jalan, yang notabene juga sebuah perempatan dan ada pabrik gak jauh dari perempatan, juga beberapa perumahan besar yang menjadikan jalan itu sebagai jalan utama.
So, bisa bayangkan betapa riweuhnya jalan yang satu itu? Dan waktu aku mau pulang, kena macet yang udah jadi hal biasa dipasar itu, ada satu mobil yang dengan anarkisnya mencet klakson sampe bikin telinga pengeng. Aku sebeeeeeeeeeell banget! Aku merasa pengendara mobil itu adalah orang rese, rese banget! Ini membuat aku semakin sebel dan males pake klakson.
      Aku punya klakson kok, malah suaranya masih super sekalee. Jadi aku jarang pake klakson bukan karena aku gak punya atau klaksonku gak bisa bunyi, tapi karena aku gak mau. Pertama karena aku kagetan, kalo denger ada klakson aja aku langsung kaget. Kedua, aku bisa bayangin kalo orang lain yang sama kagetannya kaya aku di-klakson-in, pasti yaa begitu rasanya. Yang ketiga, aku merasa kalo klakson adalah wujud kearoganan pengendara.
Bisa kah banyangkan, kita yang berkendara dengan mesin yang bisa ngebut dan melaju cepat ini masih aja merasa kurang merajai jalan jadi seenaknya maen klakson. Tapi, gimana dengan bapak-bapak penarik becak yang jangankan untuk ngebut, klaksonpun gak ada, Cuma bisa kring-kring lirih. Gimana dengan ibu-ibu yang naik onthel habis jualan dipasar dan masih bawa belanjaan? Gimana dengan anak-anak yang naek sepeda buat berangkat ke sekolah?
Karena takut terlambat? Okee, aku juga sering in rush dijalan karena takut telat ngampus. Tapi, semua orang yang ada dijalan itu juga merasakan hal yang sama. Telat ke kampus, ke kantor, ke sekolah, kita semua sama kan?
Merasa tersiksa dengan panasnya matahari dan polusi? Helllooow, semua yang ada dijalan itu juga sama kaliik! Ngerasain panas dan asap knalpot yang sama.
Terus kenapa kita harus dulu-duluan? Kita semua punya tujuan yang sama kok. Disatu sisi aku juga gak bisa boong kalo aku sebel di bangdjo, apalagi kalo dobel kena lampu merah, jadi suka selap-selip gitu. Aku merasa wajar kalo yang punya mobil itu nglakson karena takut mobil baret.
Tapi, kalo mobil yang jelas-jelas bisa ngeliat, di depan aja gak bisa gerak karena saking crowded-nya masih nglakson? Itu aku benci. Semakin benci lagi kalo misal dijalan macet, ada pengendara sepeda yang ada didepan mobil itu juga diklakson. Super-duper benci sekali adalah saat pengendara sepeda, mau bapak-ibu-atau-anak, jalan pelan di depan mobil, diklakson, bapak-bapak becak atau penjual minuman dingin yang pake gerobak lewat juga diklakson. Entah gimana lagi ngejelasin rasa sebel aku, sampe mau nangis rasanya :’(
Itulah kenapa aku bilang klakson adalah wujud keegoisan! Para pemilik mobil yang mapan itu, tidak bisakah sedikit membagi kebahagiaan? Tidak bisakah sedikit saja mengalah untuk para pesepada itu untuk juga ikut merasakan kepemilikan atas jalan yang mereka lalui? Para pemilik mobil yang tidak ikut merasakan panas matahari menyengat kepala pengendara sepada dan juga motor, untuk rela mempersilahkan mereka jalan duluan? Toh, taruhan, yang naik mobil akan jauh lebih cepat sampai dibanding pesepeda.
Tidak bisakah untuk sedikit lebih sabar? Janganlah terlalu egois.. Hanya dengan paling tidak, tidak seenaknya membunyikan klakson atau memberi kesempatan para pesepeda untuk nyaman di jalan.
Oh please, jangan merutuki kemacetan! Mau tidak mau kita harus menyadari, bahwa keegoisan kita untuk tidak menikmati menggenjot sepeda atau berdesakan dan panas-panas di bis lah yang membuat jalanan penuh. Jangan bilang ini salah pemerintah karena transportasi masal yang gak diurus atau ekspansi perusahaan asing, mulailah dengan menyadari diri kita sendiri! Mulailah dengan memahami keegoisan kita akan kebutuhan kita. Juga mulailah untuk membayangkan bagaimana rasanya menjadi para pesepeda yang selalu dianggap salah saat dijalanan, bayangkan juga kalo kita tidak mampu membeli motor atau mobil dan berakhir dengan sepeda.
Aku tidak memungkiri kalo klakson penting juga, aku tau itu. Tapi, dengan kenyataan yang aku sebutkan tadi, aku pribadi dengan keegoisanku menamai bunyi klakson sebagai teriakan keegoisan. Maaf jika ada yang tersinggung, tapi ini namanya udah sebel banget gaes, hahaha :D Lalu, bagaimana kalian menamai bunyi klakson kalian? Itu terserah kalian :)
Just patient and be a good rider, gaess! ;)


Gambar diambil dari Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar