Senin, 15 Oktober 2012

Wasting Time with Quality Chit-Chat :')


Hari ini, entah berapa jam aku habiskan untuk ngobrol ngalor-ngidul.
Kenapa aku betah ngobrol? Pertama karena aku cerewet, kedua karena aku suka ngomong, ketiga karena aku gak kuat diem lama,hahaha :D kesimpulannya? Yaa begitulah..

Sebenernya, tadi nunggu seseorang untuk konfirmasi masalah jadi ketemu atau enggak. Karena nanggung dan males pulang, akhirnya ngobrol berdua didepan pos satpam. Ditemani mendung hitam, sayup-sayup percakapan sinetron ditivi, juga semilir angin yang bikin masuk angin, berdua bareng MbakSist ngobrol apa aja yang bisa dibahas.

Awalnya Cuma soal acara yang lagi disiapin sama angkatan, nyambung cerita tentang temen, berlanjut ke ‘keheranan’ MbakSist karena jarang komunikasi sama orangtua, dan berakhir ke masalah ‘baca-membaca’ hati si MbakSist. Ada bagian juga aku mendapat kehormatan karena MbakSist memberikan compliment yang sangat indah buatku *Makasi MbakSist :* *

Yaa, kadang biasa aja. Terlalu biasa malah apa yang kita obrolin. Hemm, gak mutu? Mungkin saja. Tapi buat aku enggak. Aku suka menghabiskan waktu untuk bercerita, karena ada banyak poin yang sebenernya bisa kita dapat. Secara personal, semakin dekat dengan MbakSist, tentu saja. Tapi, disisi lain, aku semakin memahami bagaimana aku harus berhadapan dengan MbakSist, juga semakin memperbesar perspektifku tentang suatu masalah atau seseorang dari tanggapan MbakSist. Hal kecil yang berarti, buatku.

Setelah berjam-jam ngobrol sama MbakSist, rombongan Jogingers datang sodara-sodara. Dengan baju yang sebenernya nanggung basahnya, tapi langsung teriak-teriak ngajak makan.

Hla terus joging-nya fungsinya apa dong? Wong, selesai joging langsung makan kok -________- ckckck. Cuma berhubung aku juga kelaperan, ikut aja deh sama geng Jogingers ini,hahaha :D

Setelah melalui perdebatan alot juga penjurian yang tidak mudah, diputuskan lah sebuah tempat. Muter-muter doang sih, soalnya jatuhnya ketempat itu juga. Hahhaha, kebiasaan emang! :P

Awalnya kami memilih duduk beralaskan tikar dan beratapkan langit yang sedikit kelap-kelip karena petir. Rada serem, tapi tetep so sweet kayak FTV ;)

Memulai pembicaraan itu, biasanya memang diawali dengan makan. Dan setelah perut kenyang, pembicaraan apapun bisa kita lakukan. Yaa, kembali chit-chat. Chit-chat tentang apa saja.

Okee, memang aku yang membuka masalahnya disini.
Sedikit memaparkan kegalauan hati gitu deh. Pengen denger gimana tanggepan mereka. Supaya, kembali lagi, memperbesar perspektifku tentang suatu masalah. Juga menjelaskan pada mereka apa yang aku risaukan. Aku hanya ingin berbagi, aku hanya ingin punya sedikit kenangan tentang mereka. Menghabiskan waktu bersama, saling mendengarkan, menghargai pendapat orang, menilik masalah lebih dalam dan melihat dari berbagai sisi, mencari solusi bersama.

Buatku, ngobrol adalah mencuri momen paling legal, selain memotret. Rasanya, selalu ada sensasi lain yang bisa aku bawa pulang. Ada senyum, ada tawa, ada gurauan, ada kerutan di kening, ada rasa tersinggung, meluapkan kekecewaan, kelegaan. Bayangkan, itu adalah momen paling komplit yang bisa kita temukan. Dua sisi emosi dalam satu bahasan. Ada kenangan, juga pembelajaran.

Semakin lama, aku semakin bisa memaknai apa manfaat ngobrol bagiku.
Dan apa manfaatnya bagiku? Ada banyak. Banyak banget banget banget pake banget! :D

Ngobrol yang baik tentu saja tergantung bahan obrolan apa yang kita ambil. Bukan berarti harus berisi tentang politik, ekonomi atau update info terbaru. Ngobrol yang berkualitas adalah bagaimana kita memaparkan sebuah kalimat untuk kita bahas dan selami bersama. Okee ini sedikit berat, tapi saat satu kalimat itu bisa menciptakan banyak sudut pandang dan pertanyaan yang lain, ada sebuah kualitas didalamnya.

Setelah berjam-jam ngobrol hari ini, aku membawa banyak hal. Ada banyak hal keren dan menakjubkan yang bisa aku temukan hanya dari sekedar chit-chat.

Ngobrol, bukan hanya sekedar saling mendengarkan, didengarkan, memaparkan dan merespon. Bukan hanya sekedar tertawa, bercanda, melempar tisu atau memukul gemas. Apapun bahasan atau topik obrolan yang kita lakukan, akan ada sesuatu hal yang bisa kita renungkan dan pikirkan.

“Membuang” waktuku untuk ngobrol bersama teman-temanku atau siapapun itu, buatku adalah sebuah hal tentang melihat, memperhatikan, membaca dan memahami. Melihat lebih jauh, memperhatikan lebih teliti, membaca lebih jelas dan memahami lebih dalam. J

Have a quality chit-chat, gaeeess J

Ps: Ngobrol yang baik juga merupakan ngobrol tanpa keautisan didalamnya. Tidak ada ngobrol yang baik saat satu kelompok dalam satu meja ngobrol secara lisan tapi juga bertelepati dengan HP ditangan,hahaha.. Iya kan MbakSist? ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar