Sabtu, 21 Juni 2014

Tidak Rela

“Sekarang gue akan bawa kalian semua ke salah satu pantai yang masih sepi. Dan pastinya indah banget!!”

Pagi tadi, sayup-sayup aku mendengar presenter acara jalan-jalan mengucapkan kalimat itu.
Lalu aku teringat pada 2 hari berkesan di OLI. Permasalahan kesadaran dan keterlibatan kita dalam menjaga ekosistem pantai yang ada di Gunung Kidul. Semakin banyak pantai yang rusak karena semakin banyak wisatawan yang datang seenaknya.
Saat aku pulang aku menanyakan ini pada Mas Bintang, “Terus kalo kaya gitu, apa yang harus kami lakukan? Apakah kami gak boleh memberitahukan salah satu keindahan lain yang ada di Jogja?”
Mas Bintang tersenyum. “Itu sudah hak kalian. Apa yang akan kalian lakukan, membagikannya agar semakin banyak orang tau atau menyimpannya sendiri? Itu sudah hak kalian sekaligus kewajiban kalian untuk bijak.”


So, aku sedikit sedih saat televisi banyak menyebarluaskan wisata alam yang masih perawan. Aku tidak bisa membayangkan jika semakin banyak orang yang tidak punya kesadaran untuk merawat lingkungan merusak keindahan. Aku tidak ingin keindahan itu hanya dinikmati satu generasi saja~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar